Tuesday, June 25, 2013

Daihatsu Produksi Mobil Hijau Ayla dan Agya Tahun Ini

Merujuk dari situs TEMPO.CO tentang update Daihatsu Ayla, Presiden Direktur Astra Daihatsu Motor, Sudirman MR, memperkirakan Daihatsu akan memproduksi 30-40 ribu unit mobil murah ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC) pada tahun ini. Jumlah ini mencakup produksi Daihatsu Ayla dan Toyota Agya. "Katakan produksi akhir Juli atau Agustus, mungkin kita produksi 30-40 ribu," kata Sudirman seusai menghadiri diskusi Kadin di Jakarta, Senin, 24 Juni 2013.

Menurut dia, Daihatsu tidak bisa langsung memproduksi karena peraturan Kementerian Perindustrian sebagai petunjuk pelaksanaan PP No 41 Tahun 2013 yang mengatur insentif LCGC belum dikeluarkan. termasuk juga  belum menentukan harga Daihatsu Ayla. Peraturan menteri yang rencananya diterbitkan akhir Juni ini tidak akan menentukan batasan harga, tetapi merupakan formula atau rumusan penentuan harga LCGC.

Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2013 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor. Aturan tersebut berisi insentif berupa pemotongan pajak penjualan barang mewah (PPnBM) kepada beberapa jenis mobil yang memiliki spesifikasi mesin dan level konsumsi bahan bakar tertentu.

Insentif pembebasan PPnBM diberikan kepada mobil dengan kapasitas mesin maksimal 1.200 cc dengan konsumsi bahan bakar minimal 20 kilometer per liter. Pembebasan pajak juga berlaku bagi produsen kendaraan bermotor diesel/ semidiesel dengan kapasitas mesin maksimal 1.500 cc dan konsumsi bahan bakar minimal 20 kilometer per liter. Selain itu, ada pemberian insentif untuk kendaraan emisi rendah (Low Cost Emission/ LCE) dengan konsumsi bahan bakar di kisaran 20-28 kilometer per liter.

ANANDA TERESIA / Tempo.co

No comments:

Post a Comment

Paling banyak dilihat minggu Ini