Wednesday, June 12, 2013

Astra Daihatsu Ayla, hasil karya desain Indonesia

Masih ingatkah Anda dengan awal kehadiran A-Concept pada ajang IIMS 2011 lalu? Gaya modern serta futuristic yang dimiliki oleh A-Concept mengundang decak kagum banyak pihak, terlebih rekan- rekan jurnalis yang saling berspekulasi bahwa Daihatsu akan mempersiapkan sebuah produk massal yang pastinya mengacu pada A-Concept, yang berujung pada menetasnya Ayla sebagai sebuah mahakarya Indonesia yang patut dibanggakan. A-Concept yang terlahir dari torehan karya desain Mark Widjaja, seperti yang telah di cium jauh hari oleh rekan- rekan jurnalis akhirnya terbukti. Tiga tahun kemudian,tepatnya di bulan September 2011, Daihatsu meluncurkan produk mobil kompak terbarunya yang diberi nama Astra Daihatsu Ayla. Berawal dari sebuah hobi tercipta guratan desain yang mendunia.




Melihat desain eksteriornya, tampilan Ayla memang tampil layaknya saudara kembar dengan A-Concept. Dan satu hal yang lagi yang patut dibanggakan, pada tahap seleksi awal, Mark Widjaja) yang telah sukses mengangkat A-Concept dalam sebuah visualisasi nyata, berhasil menyaingi desainer lain yang notabene nya adalah desainer besar dari negara- negara yang memang dikenal sebagai penghasil desainer mobil yang telah mendunia. Guratan desain Mark Widjaja berhasil mengungguli desain- desain dari desainer kawakan asal Italia, Perancis, dan Jepang.

Tidak hanya berhenti di tahap seleksi awal, pada tahap seleksi kedua dari berbagai narasumber pemerhati mobil tingkat dunia, serta khalayak umum yang dipilih secara acak sebagai surveyor, lagi- lagi desain hasil karya Mark Widjaja, terpilih dan mengalahkan desainer terkemuka lainnya. Banyak yang berpendapat front styling concept pada Astra Daihatsu Ayla merujuk pada tren gaya desain mobil- mobil Eropah. Perpaduan eleganitas serta sporty, terbalut didalam Astra Daihatsu Ayla. Alhasil Mark Widjaja beserta tim Research & Development PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dengan dukungan penuh dari ADM dan DMC berhasil mewujudkan Ayla sebagai sebuah next back bond dari Daihatsu, dan siap untuk segera diproduksi secara massal.

Front Styling Concept kental dengan gaya mobil mewah khas Eropa Menariknya meskipun menyasar pada calon pengguna yang baru ingin memiliki mobil pertamanya,justru banyak kalangan khususnya pecinta modifikasi yang berkata lain. Banyak pendapat dari modifikator yang menyatakan bahwa Astra Daihatsu Ayla merupakan sebuah ‘bahan’ yang tepat untuk melakukan modifikasi yang maksimal, apapun aliran modifikasinya. “ Gesture desain eksterior dari Astra Daihatsu Ayla yang kompak dengan Dimensi kabinnya yang luas, menjadi kekuatan dari Astra Daihatsu Ayla selain harga yang katanya dibawah seratus juta. Eksplorasi gaya modifikasi dapat tertunjang dengan apik oleh Astra Daihatsu Ayla,” ujar Erwin salah satu pemilik usaha pelek dan ban di wilayah Kemayoran. Ketika paparan dari para pecinta modifikasi ini disampaikan oleh Mark, pria yang hobi menggambar sejak SD inipun mengakuinya. “Bisa dikatakan benar atas apa yang disampaikan teman- teman pecinta modifikasi. Astra Daihatsu Ayla memang saya desain dengan beberapa tingkatan desain yang bisa lebih advance lagi, dan para pecinta modifikasi setidaknya dapat melihat kearah mana eksplorasi- ekplorasi berikutnya yang dapat di aplikasikan di Astra Daihatsu Ayla. sebagai contoh, dengan memasukan ban serta pelek ukuran besar saja, Astra Daihatsu Ayla langsung terlihat berbeda,” ungkap Mark yang mengaku, masih banyak item yang bisa dimaksimalkan di Astra Daihatsu Ayla yang diprediksi akan di banderol dengan harga dibawah Rp 100 juta ini. (RAO)

Sumber: News daihatsu.co.id

No comments:

Post a Comment

Paling banyak dilihat minggu Ini